Cara Menambahkan Font di PicSay Pro


DroidZ ID | PicSay Pro merupakan salah satu aplikasi desain grafis premium yang terpopuler di Android. Aplikasi ini dapat kalian dapatkan dengan harga Rp 20.000, namun bisa juga secara gratis di Google. Photo editor dengan ulasan 4,7 itu, biasanya digunakan untuk membuat manipulasi, vector/vexels, dan bahkan tipografi.

Tipografi itu sendiri ialah seni atau teknik dalam penataan huruf yang menciptakan kesan tertentu. Berbicara mengenai teknik tersebut, tak terlepas dari sebuah Font (bentuk huruf). Di dalam PicSay Pro hanya disediakan font terbatas dengan gaya yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, bisa menambahkan font baru ke dalam aplikasi itu guna memperindah desain kalian.

Nah, bagi kalian yang belum tahu cara menambahkan font baru di PicSay Pro tak perlu khawatir karena Admin akan membahasnya secara rinci dan jelas. Berikut ini adalah tutorial lengkapnya, simak dengan seksama ya:

Alat Tempur:

  • PicSay Pro
  • ZArchiver 

Langkah-Langkah:

1 Pertama buka aplikasi PicSay Pro dan klik Get a Picture > Galeri, lalu pilih foto atau gambar acak saja cuma buat sampel. Selanjutnya, pilih Sticker yang ada di menu bagian bawah.

Font PicSay Pro

2 Di bagian ini, kalian langsung pilih Title yang ada dibawah Word Ballon. Berikutnya klik Tap to style Title, maka akan muncul pop up/jendela pilih saja Font (Unitled).

Font PicSay Pro

3 Kemudian klik More Fonts dan pilih Create Fonts folder. Dengan itu, folder Font di penyimpanan telepon kalian akan terbuat secara otomatis.

Font PicSay Pro

4 Tutup dahulu aplikasi PicSay Pro, buka browser favorit kamu Admin memakai Google Chrome. Lalu ketik dafont.com di kolom pencarian, Dafont itu sendiri merupakan web penyedia font gratis terbaik.

5 Jika telah terbuka menu utama Dafont seperti pada screenshot dibawah, kalian bisa cari sendiri font yang ingin diunduh. Gunakan kategori yang telah disediakan untuk memudahkan dalam mencarinya, apabila sudah ketemu langsung saja klik tombol Download yang ada disampingnya.

Font PicSay Pro

6 Buka font yang telah diunduh tadi dengan aplikasi ZArchiver. Klik file dengan format .tff atau .otf sampai muncul pop up/jendela, pilih Salin dan tempatkan pada Penyimpanan Telepon > Fonts.

Font PicSay Pro

7 Sekarang kalian bisa cek sendiri seperti pada langkah 1-3 dan Custom Fonts File tadi akan tersimpan pada PicSay Pro. Nah, Font Baru sudah terpasang dan bisa gunakan untuk mempercantik desain kalian.

Font PicSay Pro

Penutup 

Itulah, tutorial menambahkan Font di PicSay Pro dengan mudah dan cepat. Bilamana ada langkah yang kurang jelas, langsung tanyakan saja ya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian mengenai dunia desain/editing Android. Terima Kasih!