Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Cara Mengetahui WhatsApp disadap atau dihack, Begini Cara Atasinya

Sabtu | April 25, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-25T13:40:47Z


DroidZ ID | Peretasan WhatsApp ternyata dapat berakibat fatal, baru-baru ini banyak kasus besar yang terjadi karena peretasan akun media sosial seseorang, seperti kasus peretasan Ravio Patra pekan kemarin.

Mungkin kita mengira bahwa keamanan WhatsApp lemah dan cenderung tidak dapat diandalkan namun faktanya Kemanan WhatsApp sudah sangat baik dan terus diperbaiki akan tetapi jika kita sebagai pengguna nya lengah tentu seaman apapun WhatsApp tidak akan berguna.

Ada beberapa faktor yang membuat akun WhatsApp terkena sadap atau diretas seseorang seperti kita pernah memberikan nomor WhatsApp secara sembarangan, memberikan alamat email dengan password di website yang tidak aman, pernah terkena pishing atau kita pernah sengaja mengklik pesan OTP di SMS, padahal kita tidak pernah meminta nya, patut dicurigai ada orang yang ingin mengakses akun WhatsApp kita.

Tanda WhatsApp sedang disadap / dihack

Jika sesuatu yang mencurigakan terjadi pada ponsel kita maka patut dicurigai ada seseorang yang jail ingin mengakses akun WhatsApp kita.

1. Ada Pesan Kode OTP dari WhatsApp


Salah satu cara seseorang untuk mengakses akun WhatsApp yang akan diretas adalah mengirimkan kode OTP yang akan masuk ke sms yang ada di ponsel korban pesan kode OTP ini dapat berupa kode ataupun link konfirmasi dari WhatsApp yang apabila di klik maka ini celah bagi peretas untuk masuk ke akun WhatsApp korban.

2. Pesan Sudah Terbaca Padahal Belum Dibuka


Tanda yang kedua ini sudah pasti masuk dilogika, jika seseorang mengakses akun WhatsApp korban dan kebetulan kita sedang online lalu ada pesan dari orang lain setelah dicek ternyata sudah ceklis biru yang artinya sudah dibaca.

Padahal korban belum pernah membuka ataupun membaca pesan tersebut, dan bahkan waktu pesan diterima nya cenderung masih baru, bila hal ini terjadi maka dapat dipastikan bahwa akun WhatsApp kita disadap oleh peretas.

3. Cek di WhatsApp Web


Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kita disadap oleh orang lain dapat menggunakan WhatsApp Web, bagaimana? Berikut kita berikan cara nya.

Kita dapat mengeceknya dengan masuk ke pengaturan WhatsApp > klik ikon tiga titik di bagian kanan atas > pilih opsi WhatsApp Web. Informasi mengenai akun WhatsApp kita yang aktif di perangkat lain akan terpampang jelas pada platform apapun muncul.

4. Kirim Pesan Sendiri


Kejadian lain yang bisa menjadi kecurigaan kalau akun WhatsApp disadap adalah ada pesan yang tidak pernah kita kirimkan. Dari ini kita dapat mengetahui, bahwa ada seseorang yang ternyata sedang menggunakan akun WhatsApp kita, hal ini lah yang terjadi saat ini di kasus Penyadapan akun WhatsApp Ravio Patra yang diduga mengirimkan pesan berantai yang sebenarnya tidak dia lakukan.

5. Penyadapan Melalui File Log


Peretasan ini biasanya peretas ingin menincar log perpesanan kita di WhatsApp, yang berisi gambar, video, dan media lain di File Manager. Penyadap juga dapat mengirim file korban ke ponsel milik peretas atau dapat menggunakan aplikasi cadangan otomatis seperti Backup Texts untuk WhatsApp dan mengirim email langsung semua percakapan pengguna di WhatsApp dalam teks biasa.

Bagaimana cara mengatasi jika Akun WhatsApp kita disadap / dihack?


1. Jika Ada Pesan OTP Biarkan


Jika ada pesan SMS ataupun Email yang masuk pada ponsel kita jika kita tidak meminta nya maka biarkan saja jangan diklik cukup dihapus, jika ada lagi maka tidak ada salah nya untuk menghubungi pihak WhatsApp.

2. Apabila ada Pesan yang tiba-tiba Terbaca


Apabila ada Pesan yang tiba-tiba terbaca padahal kita belum membuka ataupun membaca maka kita harus log-out disemua ponsel yang ataupun laptop yang ada, barangkali kita pernah membuka Akun WhatsApp kita di ponsel teman ataupun orang lain maka segera keluarkan.

3. Penyadapan lewat File-Log


Penyadapan atau Peretasan melalui file-log yang ada di ponsel kita memang dapat dihindari dengan cara selalu hapus data pesan ataupun obrolan dan gambar setiap kali kita membuka WhatsApp namun tentu ini cukup ribet untuk dilakukan.

Bagaimana guys? Sudah tahukan bahaya yang berkeliaran jika kita lengah terhadap keamanan akun WhatsApp kita! Tetap lindungi hak privasi kita.
×
Berita Terbaru Update