Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengertian & Sejarah Sistem Operasi Linux

Senin | April 20, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-20T09:36:41Z

Droidz ID
 | Linux adalah Unix-jenis sistem operasi yang menggunakan basis inti kernel dari Unix, Linux merupakan kernel bebas dan sumber terbuka terbesar di dunia. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Kernel Linux dikembangkan oleh banyak pengembang di seluruh dunia. Linus Torvalds adalah salah satu pencipta dari kernel Linux ini, dia memilih kode-kode apa saja yang akan dimasukkan ke dalam base utama Linux, untuk yang belum tahu apa arti dari singkat Linux ini adalah Linus-Unix. Lalu apa yang banyak orang sebut sebagai sistem operasi Linux sebenarnya adalah sebuah distribusi Linux atau yang lebih dikenal dengan nama Distro Linux seperti Ubuntu.

Apa Yang dimaksud OS Linux?


Distro Linux adalah sistem operasi komputer beserta dengan aplikasinya yang dibuat dari kernel Linux, tadi. Distro Linux ada beberapa macam, ada yang dapat digunakan secara bebas. Ada juga Distro Linux yang merupakan perangkat lunak komersil, sehingga untuk menggunakannya pengguna harus membayar lisensi.

Ada banyak sekali Distro-Linux yang dikembangkan dan dapat digunakan, contoh nya adalah beberapa Distro Linux seperti Ubuntu, Debian Linux, Linux Mint, Arch Linux, Kali Linux, Elementary OS dan masih banyak lainnya yang dapat kamu lihat di distrowatch.com.

Apa Fungsi dari Linux?


Linux adalah nama dari sebuah sistem operasi yang berbasis Unix yang disebarluaskan ke masyarakat secara gratis dan berada di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti bahwa Linux didistribusikan berikut dengan source code-nya. Ketersediaan akses kode sumber memungkinkan para pengguna untuk memodifikasi sistem operasi ini yang kemudian diperbolehkan juga untuk digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas.

1. MULTITASKING : Memungkinkan beberapa program sekaligus diproses pada saat bersamaan di sebuah komputer dengan single user.

2. MULTIPROGRAMMING : Memungkinkan beberapa program menggunakan resources komputer pada saat waktu yang bersamaan bergantian (contoh : proses memasukan data, melakukam cetak pada printer)

3. TIME SHARING : Memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan CPU bersamaan dan CPU akan memberikan waktunya bergantian kepada user untuk melayaninya.

4. MULTIPROCESSING : Memungkinkan beberapa CPU bekerja besama - sama. Secara detail fungsi sistem operasi yaitu :

1. Pengaturan processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
2. Pengaturan memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
3. Pengaturan input/output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
4. Pengaturan file, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
5. Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua dan seterusnya.
6. Interpretasi atau penerjemahan perintah - perintah dan instruksi - instruksi.
7. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
8. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

Kelebihan dan Kekurangan Linux


Linux juga dikenal sebagai OS yang handal dan tangguh, meskipun tidak membutuhkan biaya untuk memakainya. Linux terbukti lebih stabil dan jarang terkena permasalahan yang umum terjadi di OS lain yaitu proses yang melambat, terkena virus atau malware, dan lain sebagainya selain itu dan yang terpenting, Linux ini dapat di gunakan secara Gratis, namun tentu ada yang berbayar juga untuk membeli lisensi suatu Distro Linux.

Itulah artikel penjelasan mengenai Sistem Operasi atau Kernel, Linux ini, banyak sekali orang awam yang mengira bahwa Linux ini susah susah digunakan dan tidak aman, namun dengan adanya artikel ini mungkin dapat mematahkan anggapan itu.
×
Berita Terbaru Update