Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tidak Aman, Kemenhan & BNPT Larang Penggunaan Aplikasi Zoom

Senin | April 27, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-27T05:15:58Z
Tidak Aman, Kemenhan & BNPT Larang Penggunaan Aplikasi Zoom

DroidZ ID | Ditengah pandemi virus corona saat ini orang tidak dapat bertatap muka langsung karena semua kegiatan perkantoran serta pendidikan ditutup oleh pemerintah guna memutus rantai penularan virus Corona.

Video calling atau Video Conference merupakan salah satu alternatif cara agar kegiatan yang membutuhkan pertemuan tetap dapat dilaksanakan namun dengan cara daring.

Aplikasi yang saat ini banyak digunakan adalah Zoom, belakang ini banyak sekali isu keamanan yang terjadi di zoom mulai dari Privasi, Penjualan akun, hingga Zoombombing.

Zoombombing adalah gangguan pada Zoom yang berisikan gangguan atau panggilan orang lain yang tidak diinginkan masuk kedalan konferensi video daring seseorang.

Sebelumnya pihak Zoom sudah berjanji dan berusaha untuk memberikan keamanan terbaik dan terus memberikan pembaharuan dalam sektor kemanan guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dilarang BNPT dan Kemenhan


BNPT Menilai tidak ada kepastian keamanan bagi para pengguna Zoom oleh karena itu mereka mengingatkan untuk segera mengganti penggunaan aplikasi video conference Zoom dengan aplikasi lain yang sudah terbukti aman.

Serupa dengan BNPT Kemenhan juga mengimbau untuk tidak menggunakan aplikasi Zoom karena tidak terjamin keamanan data nya melalui Surat Edaran nomor: SE/57/IV/2020 yang isinya melarang penggunaan aplikasi teleconference zoom di lingkungannya terkait pengamanan informasi data.

Larangan untuk tidak menggunakan aplikasi Zoom karena tidak adanya jaminan keamanan data dari pihak penyedia aplikasi zoom karena aplikasi tersebut bersifar terbuka dan menghindari kebocoran data dan informasi.

Selain itu juga adanya duplikasi traffic yang dilaporkan pihak penyedia aplikasi Zoom ke server yang berada di negara lain yang bisa saja dimonitor oleh pihak yang tidak berkepentingan.

×
Berita Terbaru Update