Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Cara Mempercepat Koneksi Data Internet Android Dengan Mudah

Sabtu | Mei 30, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-30T05:23:09Z
5 Cara Mempercepat Koneksi Data Internet Android Dengan Mudah

DroidZ ID | Koneksi internet yang lambat merupakan salah satu hal yang membuat kita tidak nyaman saat sedang menggunakan ponsel, seperti kita yang ingin mencari informasi di internet, menonton video di youtube, membaca artikel ataupun bermedia sosial.

Saat ini memang jaringan internet berkembang saat pesat 7 tahun yang lalu jaringan 4G LTE resmi diperkenalkan pada publik dan menjadi komersial kemudian pada tahun 2019 kemarin teknologi 5G ditemukan dan langsung di integrasikan pada ponsel-ponsel keluaran terbaru.

Ini membuktikan bahwa koneksi internet sangat penting dan dibutuhkan, karena setiap tahun nya ada saja sesuatu yang baru untuk membuat koneksi internet kita semakin cepat dan stabil.

Namun di Indonesia koneksi internet cepat sepertinya masih kurang merata, terbukti dengan banyaknya seseorang yang masih memiliki kecepatan internet yang lambat, kemungkinan mereka masih menggunakan teknologi 3G atau mungkin saja ponsel mereka sudah mendukung teknologi 4G LTE namun tidak memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil.

Oleh karena itu kita akan bahas di artikel ini mengenai 5 Cara Mempercepat Jaringan Data Internet di Android yang membuat koneksi internet di ponsel android kita menjadi cepat dan stabil.


Cara Mempercepat Jaringan Data Internet di Android


1. Kunci Jaringan ke 4G LTE


Untuk menikmati jaringan cepat 4G LTE ponsel android kita harus diatur untuk menerima sinyal jaringan 4G LTE saja, cara mengunci jaringan ke 4G LTE cukup mudah, kamu hanya tinggal masuk ke pengaturan > Kartu SIM & Jaringan Seluler > Tipe Jaringan Prioritas > 4G LTE / LTE > Selesai.

Atau ada satu tutorial lagi yang jauh lebih mudah dan gampang, yaitu lakukan panggilan ke nomor *#*#4636#*#* Kamu akan masuk ke menu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information. Selanjutnya Pilih Device Information, Seluruh informasi tentang ponsel anda akan ditampilkan lengkap disini Kemudian cari Set preferred network type. Pilih LTE only.

2. Menggunakan VPN


Membahas VPN seringkali berkonotasi negatif, seperti untuk membuka situs terlarang, peretasan, pengujian bug BETA. Namun sebenarnya jika VPN digunakan untuk semestinya maka akan berdampak positif bagi pengguna, seperti untuk kamu yang merasa koneksi internet lambat maka dapat menggunakan aplikasi VPN.

VPN kependekan dari Virtual Privat Network yang bertugas untuk membuat jaringan privat agar pihak provider atau pihak tertentu yang ingin memata-matai kamu akan terenkripsi dengan VPN ini, selain itu VPN juga membuat jaringan kita privat atau sendiri sehingga membuat kecepatan internet kita menjadi lebih cepat.

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Beberapa aplikasi yang kita pasang di ponsel android, baik dari Google Play Store atau dari website tertentu ada beberapa yang membutuhkan jaringan internet, pasal nya banyak aplikasi yang menggunakan jaringan internet tanpa diketahui oleh pengguna.

Secara diam-diam, hal tersebut membuat koneksi internet pada ponsel kita menjadi lambat, karena sebagian besar digunakan untuk mengunduh cache atau sesuatu file yang tidak pengguna tahu ketika ponsel terhubung dengan jaringan internet, maka dari itu kita harus cermat mana aplikasi yang penting untuk digunakan dan mana yang layak untuk dihapus.

4. Menggunakan Ad-Blocker


Salah satu faktor penyebab kecepatan internet di perangkat android menjadi lambat dikarenakan iklan yang tampil pada website tertentu sangat banyak dan membebani koneksi internet untuk mengunduh file iklan tersebut. Jika hal ini terjadi, kalian bisa memblokir iklan pada browser dengan memakai Browser yang memiliki fitur Ad Blocker, seperti UC Browser atau Opera Browser, namun tentu hal ini sangat merugikan para pemilik website atau aplikasi tertentu.

5. Gunakan Aplikasi OpenSignal


OpenSignal merupakan aplikasi alat yang membantu pengguna ponsel mengetahui suatu letak daerah yang memiliki jaringan atau koneksi internet yang cepat selain itu pada aplikasi OpenSignal terdapat fitur untuk mengetahui speed internet, kualitas jaringan dan letak tower BTS terdekat untuk memancarkan jaringan internet.

Cara menggunakan nya cukup mudah yaitu kamu hanya tinggal memasang aplikasi tersebut pada Google Play Store atau AppStore lalu cari aplikasi OpenSignal kemudian buka dan pilih item menguji sinyal internet lalu hasil nya akan keluar, hal ini dapat mengetahui daerah yang memiliki sinyal internet tercepat sehingga kita dapat pindah ke daerah tersebut.

Itulah beberapa tutorial untuk Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Data Internet Android Dengan Mudah, semoga kamu terbantu dengan adanya artikel ini dan jika masalah internet lambat lemot maka tidak ada salah nya untuk berganti simcard provider yang memiliki jaringan internet cepat dan stabil di daerah kamu.
×
Berita Terbaru Update