Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apa Itu ROM? Perbedaan RAM dan ROM di HP Android

Kamis | Mei 28, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-28T11:31:01Z
Apa Itu ROM? Perbedaan RAM dan ROM di HP Android

DroidZ ID | Kita semua mungkin sudah tahu apa itu RAM dan fungsi dari RAM namun tentu terasa asing dengan yang namanya ROM? Apakah ROM itu sama dengan RAM? Kadang kita dibingungkan dengan hal seperti ini saat akan membeli ponsel Android atau iPhone baru, maka dari itu untuk menghilangkan ketidaktahuan tersebut Akan kita bahas di artikel ini.

Apa itu RAM?

Sebelum kita membahas hardware ROM kita harus tahu terlebih dahulu mengenai RAM, RAM adalah kependekan dari Random Access Memory yang berguna untuk menyimpan data pada Komputer ataupun Ponsel Android.

RAM yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

Apa itu ROM?

ROM (Read Only Memory), ROM memiliki fungsi untuk menyimpan program pada saat awal mengunduh aplikasi dan hanya bisa membaca tanpa bisa mengubah, seperti untuk menyimpan sistem operasi Android, atau antar muka seperti MIUI, Colour OS.

Oleh karena itu dari pengertian ROM tersebut, instruksi semacam itu tersimpan di read-only memory, yang berfungsi lebih seperti non-rewriteable CD atau DVD, untuk memastikan tidak ada perubahan yang dilakukan pada instruksi tersebut karena bisa membuat perangkat tidak berfungsi.

Perbedaan RAM dan ROM

RAM bertugas sebagai tempat menyimpan file data yang mudah diakses dan dapat diubah.

Berbeda dengan RAM, ROM Berfungsi untuk tempat penyimpanan data internal yang hanya bertugas menyimpan data yang tidak mudah diprogram ataupun diubah.

RAM digunakan untuk aplikasi-aplikasi agar dapat dipasang. Beberapa data pada RAM bisa hilang tetapi juga bisa tersimpan. Berbeda dengan ROM yang memiliki fungsi menyimpan data yang tidak mudah diprogram ataupun diubah. ROM tidak dapat digunakan untuk memasang aplikasi tetapi ROM dapat digunakan untuk bertugas menyimpan data dari aplikasi yang dipasang agar bisa dijalankan.
×
Berita Terbaru Update