Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Demi Akali Mudik, Surat Keterangan Bebas COVID-19 Dijual Bebas di Internet

Jumat | Mei 15, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-15T08:55:33Z

Droidz | Pemerintah Indonesia sudah resmi melarang kegiatan mudik tahunan guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 yang ditakutkan pemudik dari kota besar membawa virus mematikan tersebut ke desa atau kampung halaman nya.

Namun ada beberapa celah yang digunakan oknum masyarakat agar bisa melakukan pulang kampung tersebut, salah satunya dengan menggunakan Surat Keterangan Bebas Covid-19 yang untuk mendapatkan nya harus menjalani serangkaian tes kesehatan agar mengetahui apakah seseorang terkena virus Covid-19 atau tidak.

Akan tetapi beberapa orang tidak ingin melakukan protokol tersebut yang cenderung ingin instan, salah satunya dengan melakukan pembelian surat keterangan bebas Covid-19 yang malah tersedia secara bebas di beberapa marketplace internet, hal tersebut sudah dapat dipastikan melanggar peraturan.

Berawal dari cuitan Twitter



Kasus jual-beli surat keterangan bebas COVID-19 ini terungkap setelah akun Twitter @DokterPodcast mengunggah screenshot lapak online di aplikasi jual-beli Tokopedia dimana tercantum surat keterangan bebas COVID-19 yang diklaim dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, dengan harga Rp. 70 ribu per lembar surat.


Beberapa warganet pun menambahkan bahwa produk tersebut juga ditemui di marketplace lain nya dan dibanderol dengan harga yang sama, pihak marketplace juga menyarankan untuk pengguna agar melaporkan jika ada produk serupa.

Pihak Rumah Sakit Sedang Menyelidiki Pelaku


Melansir dari Kompas, Surat keterangan bebas Covid-19 yang sempat beredar di Tokopedia bukan berasal dari pihak RS Mitra Keluarga. Memang dalam screenshot yang viral, surat tersebut mengatasnamakan RS Mitra Keluarga Gading Serpong.

Produk yang juga tertulis alamat website suratdokterindonesiaaa.blogspot.com tersebut mengunggah surat sehat bebas Covid-19 dengan kop surat RS Mitra Keluarga Gading Serpong Kabupaten Tangerang.

Pihak RS Mitra Keluarga Gading Serpong masih menyelidiki kasus surat bebas Covid-19 yang beredar tersebut.
×
Berita Terbaru Update