Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hati-hati Pesan Penipuan Online di WhatsApp, Langsung Hapus Jangan Klik Ok

Minggu | Mei 31, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-31T12:20:20Z

DroidZ ID | Taktik baru penipuan online kembali merebak di dunia maya. Peretas mengirim pesan WhatsApp yang meminta pengguna membagikan kode verifikasi. Meskipun pesan penipuan tak terlalu memikat, beberapa pengguna berisiko masuk ke perangkap dan akhirnya membagikan kode rahasia itu ke peretas. Seorang pengguna Twitter yang membagikan screenshot obrolan dan meminta WABetaInfo untuk memverifikasi pesan tersebut.

Pelacak fitur WhatsApp itu mengatakan, "pesan itu palsu, WhatsApp tak mengirima Anda pesan di WhatsApp. Aplikasi itu tak pernah meminta data atau kode verifikasi Anda." Dalam pesannya, peretas itu meminta pengguna mengirimkan kode verifikasi untuk memastikan kebenaran identitas. Padahal, kode enam digit itu bakal peretas gunakan untuk masuk ke perangkat baru.

"WhatsApp sangat jarang mengirimkan pesan langsung kepada pengguna. Untuk memastikan akun itu resmi milik WhatsApp, perhatikan centang berwarna hijau di samping nama akun." Aplikasi WhatsApp hanya mengirim pesan tiap kali ada pengumuman global, tak pernah meminta kode verifikasi ataupun data lainnya.

Yang paling penting, pengguna tak boleh membagikan kode otentikasi kepada siapapun. "Jika seorang mencoba mengambil alih akun Anda, mereka perlu kode verifikasi SMS yang masuk ke nomor Anda. Tanpa kode itu, tiap pengguna yang mencoba menggunakan nomor Anda tak bisa melakukannya," kata WhatsApp.
×
Berita Terbaru Update