Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Android Atau iPhone, Bagusan Mana? Komparasi Lengkap Antara Android dan iPhone

Sabtu | Juni 06, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-05T18:44:18Z

DroidZ ID | Perangkat ponsel adalah teknologi yang saat ini begitu lekat dengan manusia zaman sekarang, ponsel ini sering digunakan sebagai sarana komunikasi atau hiburan seperti menonton YouTube, bermedia sosial Facebook, Instagram atau bahkan mencari berita dan artikel di internet dilakukan dengan bantuan ponsel.

Mengenal ponsel, Saat ini ponsel pintar di dominasi oleh dua platform yaitu sistem operasi Android dan iOS (Apple) iPhone lalu banyak orang yang sering ribut mengenai kedua platform ini mengklaim salah satu dari mereka lebih baik.

Beberapa orang mengatakan bahwa Android jauh lebih bagus dari Apple (iOS) iPhone karena sistem operasi mereka open-source namun sebagain orang lain nya mengklaim bahwa iPhone lebih bagus dari android karena ekslusif dan lebih aman sebab hampir komponen iPhone dibuat khusus hanya untuk Apple saja seperti SoC dan Sistem Operasi buatan mereka yaitu iOS yang diklaim lebih ringan namun komplit dibanding Android.

Karena banyak orang awam yang mengklaim lebih baik hanya dari tampilan desain dan kualitas kamera nya tanpa membahas mengenai dapur pacu nya karena ponsel yang bagus adalah ponsel yang memiliki kemampuan luar dan dalan yang artinya memiliki desain yang bagus tentu harus memiliki kemampuan multitasking yang bagus serta kelengkapan fitur yang ada.

Bagusan mana Android vs iPhone (iOS)


Demi mengungkapkan kebenaran dari masalah yang ada, saling klaim mana yang lebih baik mending kita kupas di artikel ini kita lihat komparasi Antara Android dan iPhone mana yang sebenarnya lebih baik.

1. Sistem Operasi, Android vs iOS


Android seperti yang diketahui bahwa Android ini sistem operasi yang dikembangkan oleh Google dan oleh karena itu Google mengintegrasikan Android langsung dengan produk lain dari Google. Hal ini tentunya sangat penting mengingat hampir semua orang memiliki alamat email Gmail sehingga untuk menggunakan Android kamu tinggal menghubungkannya dengan akun tersebut bukan hanya itu untuk membuat media sosial dan lainnya tentu harus menggunakan alamat email dan Gmail adalah kuncinya.

Android memiliki karakter yang terbuka dan fleksibel. Kita dapat merubah atau mengoprek banyak sekali hal dalam Android mulai dari tampilan hingga fungsi lainnya. Hal ini juga menyebabkan kenapa para vendor menggunakan varian mereka sendiri seperti Xiaomi MIUI atau Samsung TouchWiz ibaratnya seperti Linux pada Laptop.

Sedangkan untuk iOS telah dilengkapi dengan fitur yang tidak jauh berbeda bernama iCloud yang bisa digunakan untuk layanan Apple lainnya. Dengan satu akun tesebut kamu bisa terhubung ke perangkat Apple lain milik kamu maupun menggunakan layanan seperti iTunes. Namun, untuk kepraktisan jauh lebih baik Android yang tidak dimiliki oleh Apple, yakni kemudahan untuk melakukan sign in dan sign up di aplikasi pihak ketiga.

Untuk segi keamanan iOS lebih baik karena memiliki karakteristik closed-source yang artinya tidak terbuka untuk umum jadi hanya Apple saja yang dapat merubah atau mengoprek sistem operasi tersebut membuat masalah seperti bug, peretasan tidak gampang masuk pada sistem operasi ini.

Selain itu perangkat berbasis iOS lebih stabil karena lebih bisa dikontrol berbeda dengan perangkat Android yang memiliki jumlah sangat banyak tergantung pada vendor ponsel yang menggunakan Android. Para developer aplikasi atau game juga memiliki arahan yang jelas perangkat apa saja yang harus didukung saat ini. Maka dari itu setiap kali ada game yang akan di porting ke mobile maka pasti akan lebih dulu tersedia pada perangkat iOS karena game dapat berjalan sangat sempurna di iOS.

Jika kamu lebih mementingkan kepraktisan dan fleksibel jawaban nya adalah Android, namun jika lebih tertarik dengan Keamanan dan eksklusifitas jawaban nya adalah iPhone lebih bagus.

2. Desain, Android vs iPhone.


Desain ponsel Android dan iPhone memiliki perbedaan walaupun keduanya sama yaitu perangkat Ponsel, namun kadang-kadang ada beberapa desain iPhone yang diaplikasikan pada Android seperti desain Bezel-less desain dan lain nya.

Namun, Ponsel Android diproduksi oleh banyak vendor sehingga banyak sekali pilihan desain yang ada membuat kita tidak bosan dengan tampilan desain ponsel android, namun sisi jelek nya Android tidak memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya menjadi ikonik. Berbeda dengan iPhone yang hanya diproduksi dan akan selalu menjadi milik Apple akan tetapi iPhone ini memiliki sisi kekurangan yaitu desain yang hanya tunggal dibuat oleh Apple saja sehingga tidak ada bermacam-macam desain.

3. Kamera, Android vs iPhone


Dalam segi kamera seringkali orang lebih memilih iPhone namun apakah pilihan tersebut benar? Apakah ini berarti kamera Android itu lebih jelek? Jawabannya adalah kurang tepat.

Faktanya Jika dibandingkan dengan ponsel berbasis Android, resolusi Kamera dari Apple iPhone cukup tertinggal. Apple iPhone masih mengandalkan teknologi resolusi Kamera mulai dari 8 MP hingga 12 MP. Sedangkan Smartphone Android terbaru kini bahkan sudah menciptakan resolusi Kamera hingga 108 MP, hal tersebut terjadi lantaran Apple iPhone jauh lebih mementingkan Sensor dibandingkan dengan resolusi karena dianggap lebih penting menurut mereka, walaupun begitu ternyata kualitas dari iPhone ini tak main-main.

Sedangkan untuk android mereka lebih mementingkan mega piksel, Ponsel Android dengan kamera bermegapiksel tinggi semakin ramai bermunculan sepertu Realme X, Samsung A80, hingga OnePlus 7 Pro yang dikeluar pada tahun ini semuanya menyematkan kamera dengan sensor 48MP namun kualitas kamera nya memang bisa mengalahkan kualitas iPhone namun belum.

Disisi lain seperti Google Pixel 4 dan Apple iPhone 11 masih menggunakan kamera beresolusi 12 MP namun kualitas kamera dari ponsel ini dianggap terbaik dan sama-sama bagus karena vendor ponsel ini piawai dalam mengembangkan sensor pada kamera ponsel besutan nya.

4. Kinerja, Android vs iPhone


Pada bagian terakhir kita akan membahas dapur pacu nya dari kedua ponsel ini, antara Android dan Ponsel manakah yang lebih cepat, lebih kuat dan tahan lama? Tak bisa dipungkiri memang bahwa kinerja Apple iPhone jauh lebih baik dibandingkan android, ambil contoh seperti Ponsel asal pabrikan baru Tiongkok yang sudah membawa persaingan hardware ke level lebih canggih.

Sedangkan, Apple relatif masih menggunakan teknologi lama dengan balutan perangkat keras standardnya. Faktanya, iPhone XS Max yang menjadi perangkat tercanggih Apple saat ini, dibekali kapasitas RAM 4GB saja. Sangat jauh jika dibandingkan ponsel Android seperti OPPO Find X yang didalamnya sudah mengemas RAM hingga 10GB. Performa HP iOS jauh lebih cepat, stabil, dan terasa halus meski digunakan untuk mengakses aplikasi berat sekalipun.

Selain itu SoC Apple lebih baik dibandingkan SoC atau Chipset lain nya yang sering digunakan pabrikan ponsel Android untuk dipasang pada Produk mereka.

Ini artinya untuk kegiatan berat atau multitasking Apple iPhone selangkah lebih baik dari Android namun bukan berarti Android lebih jelek dari Apple iPhone pasal nya tak sedikit ponsel Android yang dapat menguji kinerja dengan Apple yang malahan lebih baik dari Apple.

Itulah sedikit artikel mengenai pembahasan mana yang lebih baik dan enak dipakai Android atau iPhone, Apple merupakan salah satu pabrikan elektronik yang selalu merilis produknya dengan konsep matang dan sempurna. Berbeda dengan smartphone Android, di setiap tahunnya Apple hanya mengeluarkan satu sampai tiga seri iPhone terbaru dan tidak pernah membuat ponsel lain di dalam ekosistem iOS, namun untuk ponsel sekelas Google Pixel atau Huawei P40 Pro dapat bersaing dengan Apple.
×
Berita Terbaru Update