Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Puluhan Akun Twitter Centang Biru Diretas, Kirimkan Postingan Penipuan Bitcoin

Kamis | Juli 16, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-07-16T03:00:54Z
Puluhan Akun Twitter Centang Biru Diretas, Kirimkan Postingan Penipuan Bitcoin


DroidZ ID | Media sosial Twitter baru-baru ini menjadi sorotan akibat adanya beberapa kejadian peretasan yang terjadi di akun-akun orang terkenal seperti Bill Gates, Elon Musk dan Jeff Bezos.

Akun yang telah di retas digunakan untuk mentweet postingan berisi ajakan untuk mengirimkan bitcoin kepada alamat tertentu dengan iming-iming akan di lipatgandakan namun tentu bitcoin yang telah masuk ke alamat peretas tidak akan bisa di kembalikan apalagi dilipatgandakan.

Bill Gates Scam

Peretasan tersebut dimulai terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat atau 03.00 WIB. Pada saat itu, akun-akun yang centang biru mulai memposting tweet yang berisi permintaan mengirimkan uang kripto bitcoin ke alamat yang sudah ditentukan.

Setelah rentetan awal dari akun Gates dan Musk, akun perusahaan terkenal seperti Apple, Uber, dan bahkan mantan Presiden AS Barack Obama, CEO Amazon Jeff Bezos, kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden, artis Kanye West, juga mengalami hal yang sama, diretas untuk mengirimkan postingan penipuan bitcoin.

Tanggapan Twitter





Ini merupakan salah satu masalah besar bagi Twitter yang tidak berhasil menjaga keamanan akun konsumen, Twitter baru memberikan respon terjadi peretasan setelah satu jam kemudian. Melalui pernyataan di akun resminya, Twitter tengah menyelidiki dan memperbaiki masalah yang terjadi. Mereka belum bisa menemukan peretas akun-akun centang biru tersebut.

“Kami mengetahui adanya insiden keamanan yang memengaruhi akun di Twitter. Kami sedang menyelidiki dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya. Kami akan segera memperbarui semua orang," dalam tweet nya.

Pada hari Rabu malam, Twitter mengatakan telah menonaktifkan beberapa fitur , termasuk tweeting, untuk beberapa akun saat diselidiki. Banyak akun terverifikasi tidak dapat tweet selama periode waktu itu. 

Perwakilan untuk Bezos dan Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar, Musk sering menjadi sasaran penipuan cryptocurrency, dengan scammers meniru akunnya dalam upaya untuk mendapatkan pengikut mengirim mereka mata uang digital. Dia mentweet pada bulan Februari tentang masalah yang sedang berlangsung, mengatakan, "Level penipuan crypto di Twitter sedang mencapai level baru. Ini tidak keren."

Ini tampaknya menjadi pertama kalinya Twitter melakukan hal ini dalam sejarah perusahaan. Sejauh ini, sang peretas diperkirakan telah mendapatkan hampir 110.000 dolar AS dari aksinya meretas banyak akun centang biru ini.
×
Berita Terbaru Update