Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Begini Cara Mendapatkan Subsidi Kuota dari Pemerintah, Siswa Dapat 35 GB, Guru 42 GB!

Jumat | Agustus 28, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-08-28T12:12:27Z

Begini Cara Mendapatkan Subsidi Kuota dari Pemerintah, Siswa Dapat 35 GB, Guru 42 GB!


DROIDZ.XYZ | Pemerintah dikabarkan akan memberikan bantuan kuota internet gratis yang dapat digunakan oleh para siswa dan staf pengajar guna menunjang kegiatan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ). yang saat ini masih dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19.


Berapa lama Subsidi Kuota Internet diberikan?


Pemerintah mengatakan pemberian Kuota Internet ini akan diberikan selama empat bulan. Siswa akan mendapat kuota internet sebesar 35 GB/bulan, guru akan mendapat 42 GB/bulan, sedangkan untuk mahasiswa dan dosen akan mendapat 50 GB/bulan.


Cara mendapatkan Subsidi Kuota Internet


"Kami mohon agar sekolah segera mengidentifikasi nomor telepon siswa dan guru, dan segera dimasukkan di data pokok pendidikan (dapodik). Pemerintah membantu memberikan kuota internet, sehingga nantinya yang diberikan tidak dalam bentuk uang," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Kemendikbud, Sutanto, dalam webinar "Percepatan Penyaluran Dana BOS Reguler Tahap III Tahun 2020" di Jakarta, Kamis (27/8).


Sutanto menegaskan bahwa subsidi pulsa dalam bentuk kuota internet dan bukan dalam bentuk uang tunai. Dengan demikian diharapkan subsidi kuota internet dapat lebih efektif dan efisien dalam membantu penyelenggaraan PJJ.


Sekolah yang berada di zona kuning dan hijau, yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka juga diminta untuk mengisi daftar isian di dapodik. Sehingga, Kemendikbud mengetahui berapa banyak sekolah yang melakukan tatap muka dan berapa banyak yang belum tatap muka


Pemerintah gelontorkan Rp 9 Triliun untuk Subsidi Internet


Kemendikbud mengalokasikan anggaran sebesar Rp8,9 triliun yang diperuntukkan untuk subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen, serta meningkatkan jumlah penerima tunjangan profesi. Menurut Sutanto, mahalnya pembelian kuota, merupakan salah satu hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan PJJ.


Selain itu ada beberapa kendala lain yang terjadi pada proses belajar di luar jaringan ialah ketersediaan listrik, jaringan internet, kepemilikan gawai, hingga sulitnya akses guru kunjung ke rumah siswa.

×
Berita Terbaru Update