Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penipuan! Pesan Berantai 600 Ribu Melalui Prakerja.Vip Gelombang 11

Senin | Oktober 12, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-10-12T16:02:12Z
Hati-hati Penipuan! Pesan Berantai Bantuan 600 Ribu Melalui Prakerja.Vip


droidz.id | Pesan berantai terkirim secara masif pada kontak ke kontak lainnya yang berisikan pesan mengenai bantuan Prakerja Gelombang 11 namun hal tersebut ternyata merupakan pesan yang salah, atau hoaks yang berasal dari pihak lain diluar prakerja yang asli benar-benar dari Pemerintah Indonesia.

Pesan tersebut berisi seperti ini,

"Daftar Prakerja Sekarang Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan Langkah untuk mendaftar Prakerja Kunjungi situs https://prakerja.vip Isi formulir data diri Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp Bantuan akan dikirim melalui rekening bank harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan https://prakerja.vip"

Perakerja hanya memiliki satu domain yaitu Prakerja.go.id, domain .go.id merupakan domain resmi pemerintah indonesia yang hanya dapat dimiliki dengan syarat yang tak mudah dan hanya kalangan pemerintah saja yang dapat mendapatkan nya.

Sedangkan domain Prakerja hoaks, atau palsu, atau penipuan adalah .vip, .vip adalah domain generik biasa yang dapat dimiliki banyak orang, umumnya domain .vip jarang sekali digunakan, dan terkenal sebagai domain spam oleh kalangan webmaster, sehinggan dapat dengan jelas bahwa prakerja.vip adalah salah, palsu alias penipuan.

Hal tersebut rupanya bukan hanya domain saja yang terbukti menipu, melainkan tampilan websitenya yang amburadul, acak-acakan dan terkesan memaksa. Lalu sudah terlihat jelas di URL tautan Prakerja.Vip terdapat kode khas yang hanya dimiliki oleh CMS Gratis dari Google yaitu Blogger, Website pemerintahan dengan dana yang tak sedikir tentu takan mungkin menggunakan CMS Blogger.

Ada Penipuan, Begini Tanggapan Prakerja.go.id


Tim prakerja tak tinggal diam, mengetahui ada laporan mengenai pesan berantai tersebut, mereka sejak awal telah memasang peringatan mengenai akun Prakerja hanya dapat dibuat dan diakses melalui Prakerja.go.id, selain Prakerja.go.id adalah hoaks, alias penipuan.

Pengguna yang masuk Prakerja.vip alih-alih mendapatkan bantuan, mereka dipastikan mendapatkan penipuan, ketika mengakses Prakerja.vip mereka hanya akan mendapatkan Pop-up iklan dan iklan scam lainya yang terdapat pada website tersebut, selain itu jika kalian memasukan data diri pribadi maka data tersebut akan dilakukan untuk kegiatan terlarang seperti pembocoran data pribadi bagi yang membutuhkan atau disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab.


×
Berita Terbaru Update